Home » CSS » Tutorial Dasar CSS: Pengertian Selector, Property dan Value

Tutorial Dasar CSS: Pengertian Selector, Property dan Value


Pembahasan berikutnya dari Tutorial Dasar CSS adalah struktur inti dari CSS, yaitu: Selector, Property dan Value pada CSS. Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang pengertian CSS dan cara memasukkan kode CSS ke halaman HTML.

Setiap bahasa program memiliki aturan-aturan tersendiri, aturan tersebut biasanya menandakan sebuah syntax dari identitas bahasa pemrograman tersebut.

Dalam penulisan kode, aturan-aturan tentunya harus dipatuhi. Hal ini untuk menghindari terjadinya error.

selector { property: value; }

Berikut ini adalah pembahasan mengenai pengertian Selector, Property dan Value.

Pengertian Selector pada CSS

Sesuai dengan namanya, selector digunakan untuk mencari atau memilih bagian web yang ingin dimanipulasi atau yang ingin di-style-kan. Misalnya : ‘cari seluruh tag <p>’, atau ‘cari seluruh tag HTML yang memiliki atribut class=”.logo”‘ atau ‘cari seluruh link yang ada di dalam tag <p>’.

Selector paling dasar adalah tag dari HTML itu sendiri, misalnya: tag p, i, h1, li, dll. Selain itu, selector juga bisa berupa nilai dari atribut class atau id pada tag html.

Didalam selector terdapat dua bagian penting, bagian tersebut adalah property dan value. Kedua bagian tersebut merupakan inti dari css. Property dan Value yang akan membuat sebuah element html memiliki gaya desain yang menarik.

Pengertian Property pada CSS

Property CSS adalah jenis style, atau elemen apa yang akan diubah dari sebuah tag HTML. CSS memiliki puluhan property yang dapat digunakan agar menampilkan hasil akhir yang kita inginkan. Hampir semua property dalam CSS dapat dipakai untuk seluruh selector.

Jika selector digunakan misalnya untuk ‘mencari seluruh tag <p>’, maka property adalah ‘efek apa yang ingin dimanipulasi dari tag p tersebut’, seperti jenis font, ukuran font, warna, background, text-align dll.

Banyak sekali property yang bisa digunakan untuk memanipulasi element html agar desain web lebih menarik.

Pengertian Value pada CSS

Dalam bahasa Indonesia Value artinya ‘nilai’. Value CSS adalah nilai dari property. Misalkan untuk property ukuran font (font-size) yang digunakan untuk menentukan ukuran huruf sebuah selector, value atau nilainya dapat berupa 12px atau 16px.

Untuk lebih jelasnya tentang selector, property dan value pada CSS, silakan lihat gambar dibawah ini:

Demikian pembahasan tentang Selector, Property dan Valu pada CSS. Sampai ketemu lagi pada pembahasan berikutnya.

Berita Terbaru