Home » PHP » Tutorial PHP: Cara Setting TimeZone

Tutorial PHP: Cara Setting TimeZone


Pada postingan kali ini, Saya akan membahas tentang setting waktu server hosting. Hal ini diperlukan karena kemungkinan berlainan zona waktu/Time Zone, adalah berbedanya letak hosting dan target audien/pengunjung website, atau bahkan Anda sendiri sebagai yang empunya situs.

Apabila Anda menggunakan CMS WordPress, mungkin setting TimeZone tidak sulit dilakukan.  Tinggal masuk ke Pengaturan, kemudian pilih Umum. Disana, akan terlihat pilihan Zona Waktu. Tinggal atur saja zona waktu sesuai dengan yang diinginkan. Selesai!

Namun berbeda jika menggunakan CMS buatan sendiri, pengaturan TimeZone ini harus dilakukan secara manual.

Jika server kita berada di Amerika Serikat (US), sedang pengunjung atau kita sendiri sebagai administrator berada di Indonesia, tentu akan ada perbedaan pada tampilan waktu. Otomatis server akan memilih menggunakan waktu atau TimeZone-nya AS karena secara default timezone web kita akan mengikuti waktu di server hosting.

Jadi pada saat kita hosting di server luar, sebaiknya di-cek terlebih dahulu, apakah time di server sudah di set sesuai dengan TimeZone kita. Jika belum, maka kita dapat meminta permintaan kepada server Administrator untuk merubahkan timezone di php.ini ke timezone yang kita inginkan.

Jika kita ingin mnggunakan TimeZone untuk Indonesia (Jakarta) biasanya kode yang dipakai: Asia/Jakarta

Namun jika hal diatas tidak dapat dilakukan maka kita dapat menggunakan fungsi date_default_timezone_set();
Contoh :

date_default_timezone_set('Asia/Jakarta');
echo 'waktu di Jakarta adalah: ' . date('H:i:s');

Kode diatas bisa kita letakkan didalam file config.php atau file apa saja yang nantinya bakal diinclude oleh semua file website kita.

Tidak terlalu sulit bukan mengubah TimeZone yang tidak sesuai dengan server hosting?

Demikian saja pembahasan singkat tentang pengaturan timezone pada server hosting website.

Semoga bermanfaat, dan terima kasih!

Berita Terbaru