Home » CSS » PHP » Tips & Trik » Beberapa Macam Pesan Error di Browser yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Beberapa Macam Pesan Error di Browser yang Perlu Diketahui, Apa Saja?


Bagi anda atau siapapun yang hobby berselancar didunia maya dengan menggunakan browser pasti pernah atau sering menemui halaman error atau halaman kosong. Misalnya, saat asik membaca informasi, kemudian anda mengklik link yg ada di web tersebut, dan tiba2 linknya kosong atau error.

Hal tersebut biasanya merupakan sesuatu yang wajar. Yang jelas, kesalahan itu bukan terjadi karena komputer Anda bermasalah, tapi hal ini terjadi pada server situs yang anda kunjungi.




Berikut ini, beberapa jenis error dan beberapa faktor yang menyebabkan error itu terjadi.

500 – Internal Server Error
Pesan error ini terjadi karena adanya masalah atau kesalahan dalam server internal situs sehingga Anda tidak bisa mengakses situs yang anda kunjungi, selama pemilik belum memperbaiki situsnya,  pesan error tersebut akan tetap muncul.

404 – Not Found
Beberapa hal yang menyebabkan munculnya pesan kesalahan ini:

    • Sebelumnya data di database ada, namun sudah dihapus atau dihilangkan dari database server.
    • Gangguan akses Internet.
    •  Akses Internet oke namun tetap muncul pesan ini, maka kemungkinan halaman tersebut memang tidak ada.
    • Kesalahan pada penulisan alamat URL

400 – Bad Request
Pesan error seperti ini dialami oleh server yang tidak bisa mengerti perintah dari client. Pada umumnya disebabkan oleh kesalahan script coding. Si pemilik situs yang bisa mengatasi pesan error seperti ini.

403 – Forbidden
Ada dua alasan kenapa bisa muncul pesan error ini:

    • Halaman dalam situs tidak dapat diakses, mungkin tidak diizinkan, atau sudah diatur oleh server.
    • Kemungkinan situs tidak ada atau mungkin sewa hosting sudah habis dan belum diperpanjang, sehingga terjadi pemblokiran dari pihak perusahaan server.

408 – Request Timeout
Alasan muncul pesan ini adalah timer atau waktu untuk mengakses situs telah habis. Ini disebabkan oleh kecepatan akses Internet yang lambat, dan server biasanya memiliki timer atau batas waktu tertentu dalam pengaksesan data dalam database-nya.

401 – Unauthorized
Pesan error ini artinya user tidak memiliki otoritas atau izin untuk mengakses halaman web tertentu. Biasanya situs diberi pengaman username dan password, sehingga Anda harus mengerti username dan password situs tersebut.

Demikian, Beberapa Pesan Error yang Perlu Anda Ketahui kali ini. So mulai saat ini, jangan buru-buru menyalahkan perangkat anda atau akses internet anda atau situs yang anda kunjungi sebelum benar-benar tahu apa masalah yang ditimbulkan dari pesan error tersebut. Semoga bermanfaat ya..!

Berita Terbaru